Mengajar sebenarnya bukanlah hanya untuk sekedar menyampaikan materi baru dan selesai sampai disitu, dalam cara pandang yg terkini adalah bagaimana caranya kita dapat membuat moment belajar/ learning event terjadi pada diri siswa atau student itu sendiri..
Berikut adalah contoh sederhana menagajar yang akhirnya akan merupakan strategi pembelajaran yang mengkaitkan teori dengan praktek:
*Show and Tell, tampilkan dan ceritakan, strategi ini dengan asumsi bahwa jika siswa dapat menjelaskan suatu konsep kepada yang lain maka ia telah memahami konsep tersebut. Strategi ini diawali dengan pembuktian berupa demonstrasi yang dilanjutkan dengan penjelasan akan konsep tersebut.
* Case Study, study kasus : dalam upaya untuk membawa situasi nyata kedalam kelas. Persyaratannya adalah: kasus yang diangkat adalah kasus nyata atau real , bukan kasus ilustratif.
* Flowchart Technique, Teknik Diagram Alur: semacam mind map untuk memperkenalkan atau memperdalam logika atau sistematika suatu konsep atau mengorganisasikan suatu pemikiran siswa terhadap suatu konsep tertentu secara sistematis dan terorgaisir dengan logis.
* Brainstorming, Curah Pendapat : bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kreatifitas ide.
* Software Pembelajaran : pada saat tertentu dapat pula digunakan software pembelajaran tertentu yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri atau meningkatkan efisiensi pembelajaran.
* Lembar Umpan Balik : upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran melalui perolehan feedback dari siswa.
Semua strategi diatas tentu saja dapat dikombinasikan atau digunakan secara tunggal sesuai dengan konteks dan tujuan pembelajaran yang diinginkan.
it's presented for Al-AzharSyifaBudi Bali, by Dr Zulkarnain, SH, MEd, EdD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar